NA’AT DAN ‘ATHOF (beserta Prateknya)
بسم
الله الرحمن الرحيم
[
فصل ] قراءة القرآن من المصحف أفضل من القراءة عن ظهر القلب
لأن النظر في المصحف عبادة مطلوبة فتجتمع القراءة والنظر
هكذا قاله القاضي حسين من أصحابنا وأبو حامد الغزالي وجماعات من السلف ونقل
الغزالي في الإحياء أن كثيرين من الصحابة رضي الله عنهم كانوا يقرؤون من المصحف
ويكرهون أن يخرج يوم ولم ينظروا في المصحف
وروى ابن أبي داود
القراءة في المصحف عن كثيرين من السلف ولم أر فيه خلافا ولو قيل إنه يختلف باختلاف
الأشخاص فيختار القراءة في المصحف لمن استوى خشوعه وتدبره في حالتي القراءة
في المصحف وعن ظهر القلب ويختار القراءة عن ظهر القلب لمن لم يكمل بذلك
خشوعه ويزيد على خشوعه وتدبره لو قرأ من المصحف لكان هذا قولا حسنا
والظاهر أن كلام السلف وفعلهم محمول على هذا التفصيل
التبيان في آداب حملة القرآن : تأليف الامام أبي زكريا بن شرف النووي
رحمه الله تعالى))
“Membaca Al-Qur’an dengan mushaf lebih utama dari pada
membaca Al-Qur’an dengan hafalan”
Karena sesungguhnya membaca Al-Qur’an di mushaf itu
ibadah yang sangat dianjurkan, dengan membaca qur’an di mushaf maka mendapat
dua pahala yaitu membaca dan melihat, seperti yang telah di katakan oleh Imam
Husain dari golongan kita dan Imam Abu Hamid al-Ghozali dan kebanyakan para
Ulama’ salaf. Abu Hamid al-Ghozali juga menukil dikitabnya Ihya’ “sesungguhnya
kebanyakan dari sahabat RA. mereka membaca Al-Qur’an di mushaf, dan mereka
merasa kurang apabila dalam satu hari tidak membaca Al-Qur’an di mushaf.
Imam Abu Dawut meriwayatkan bahwa membaca Al-Qur’an di
mushaf merupakan kebanyakan dari para Ulama’ salaf, walaupun saya tidak melihat
terjadi perbedaan pendapat, dan apabila
dikatakan ada ikhtilaf, itupun ikhtilaf
menurut pandangan pribadi. Maka orang yang memilih membaca Al-Qur’an di mushaf
mereka karena mereka beralasan dapat meningkatkan kekusyu’annya dan tadaburnya di dalam dua hal
yaitu membaca dan melihat, dan adapun orang yang memilih membaca Al-Qur’an
dengan hafalannya maka akan kurang sempurna dalam kekusyuaannya. Dapat menambah
kekusyu’annya dan tadaburnya apabila membaca Al-Qur’an dengan mushaf. Dan itu
merupakan pendapat yang bagus. Sesungguhnya perkataan Ulama’ salaf dan
perbuatannya telah tertera pada rincian ini.
TEORI DASAR NA’AT DAN ‘ATHOF
A.
Na’at
Na’at merupakan nama lain dari
sifat yang termasuk bab tabi’ (isim yang harus diikutkan pada isim
sebelumnya).
Na’at adalah isim yang menerangkan sifat
dari isim yang disifatai (man’ut).
Na’at merupakan sifatnya dan yang disifati namanya man’ut.
Cont:
جَاءَ زَيْدٌ العَاقِلُ =
Zaid yang berakal telah datang.
·
العَاقِلُ menjadi na’at (sifatnya Zaid).
·
زَيْدٌ menjadi man’ut yaitu yang disifati atau yang mempunyai sifat.
·
Dan antara lafadz Zaid dan al-‘Aqilu telah memenuhi 4 syarat.
|
B.
‘Athof
‘Athaf sama dengan na’at termasuk
tabi’ yaitu isim yang mengikuti isim sebelumnya (dalam i’robnya). ‘Athof
secara istilah adalah isim yang diikutkan pada isim sebelumnya dengan huruf ‘athof.
Ma’thuf merupakan lafadz yang
di’athofkan sedangkan yang di’athofi namanya ma’thuf ‘alaih.
Huruf-huruf ‘athof:
·
Wawu (و)berfaidah
muthlaq al-jami’ (secara bersamaan) . “dan”
·
Fa’ (ف)berfaidah
tartib ma’a ta’qib (berurutan dalam waktu relative dekat). “lalu”
·
Tsumma (ثمّ) berfaidah tartib ma’a tarakhi (berurutan dalam tempo yang lama).
“kemudian”
·
Au(او) berfaidah ibahah atau takhyiir (memilih).
“atau”
·
Am (ام)harus
di dahului hamzah istifham atau hamzah taswiyah). “atau”
·
Imm (إمّا) berfaidah tafsil (perincian).
“.....baik.....atau.....”
·
Bal (بل)berfaidah
menetapkan hukum pada lafal setelahnya. “tetapi”
·
Laa (لا)berfaidah
nafyu al-hukm (meniadakan hukum). “bukan”
·
Lakin (لكن)berfaidah
istidrak (ralatan). “tapi”
·
Hatta (حتّى)
berfaidah gooyah (akhir dari sesuatu). “sampai”
Cont:
جَاءَ زَيْدٌ وَ خَالِدٌ = telah datang Zaid
dan Kholid
زَيْدٌ = Ma’thuf و = huruf ‘athof
خَالِدٌ = ma’thuf ‘alaih
Nb: ‘athof boleh berupa fi’il tetapi zamannya harus sama antara
ma’tuf dan ma’tuf ‘alaih
|
Analisis
No
|
Lafadz
|
Kedudukan
|
‘Ilat
|
1
|
مطلوبة
|
Na’at
|
Dibaca rofa’ karena menjadi na’at yang mengikuti
man’utnya عبادة ,
adapun lafadz مطلوبة telah sesuai
dengan man’utnya dalam 4 hal.
|
2
|
والنظر
|
‘Athof
|
Dibaca rofa’ karena menjadi ‘athof yang mengikuti
ma’thuf ‘alahnya yaitu القراءة, huruf ‘athofnya berupa
wawu (و)
|
3
|
وتدبر(1)
|
‘Athof
|
Sama alasannya dengan no. 2 tetapi ‘athof yang ini dibaca
nashob karena menjadi ‘athof yang mengikuti ma’thuf ‘alahnya yaitu خشوع.
|
4
|
ويختار
|
‘Athof
|
Lafadz ini menjadi ‘athof yang berupa fi’il, adapun
lafadz tersebut telah sesuai zamannya dengan ma’tuf ‘alainya yaitu يختار
|
5
|
ويزيد
|
‘Athof
|
Sama alasannya dengan no. 4
|
6
|
وتدبر(2)
|
‘Athof
|
Sama alasannya dengan no. 3 hanya saja ini dibaca jer
karena ma’tuf’alaihnya dibaca jer
|
7
|
حسنا
|
Na’at
|
Sama alasannya dengan no. 1 hanya saja na’at ini
dibaca nashob karena man’utnya قولا dibaca
nashob.
|
8
|
والظاهر
|
‘Athof
|
Sama alasannya dengan no. 2 tetapi ‘athof yang ini dibaca
nashob karena menjadi ‘athof yang mengikuti ma’thuf ‘alahnya yaitu حسنا.
|
9
|
وفعل
|
‘Athof
|
Sama alasannya dengan no. 2 hanya saja ini dibaca
nashob karena ma’tuf’alaihnya كلام dibaca nashob
|
باب الزيادة
TANDA-TANDA I’ROB ISIM;9
جر
|
نصب
|
رفع
|
اسم
|
نم
|
كسرة
|
فتحة
|
ضمة
|
اسم المفرد
|
1
|
ياء
|
ياء
|
الف
|
اسم التثنية
|
2
|
ياء
|
ياء
|
واو
|
جمع المذكر السالم
|
3
|
كسرة
|
كسرة
|
ضمة
|
جمع المؤنث السالم
|
4
|
كسرة
|
فتحة
|
ضمة
|
جمع التكسير
|
5
|
فتحة
|
فتحة
|
ضمة
|
اسم غير منصيف
|
6
|
كسرة مقدرة
|
فتحة مقدرة
|
ضمة مقدرة
|
اسم المقصور
|
7
|
كسرة مقدرة
|
فتحة
|
ضمة مقدرة
|
ا اسم المنقوص
|
8
|
ياء
|
الف
|
واو
|
اسماء الخمسة
|
9
|
Nb: Isim ghoiru munshorif ketika ada Alnya atau
menjadi mudlof maka tanda jernya memakai kasroh.
TANDA-TANDA I’ROB FI’IL MUDLORI’
جزم
|
نصب
|
رفع
|
فعل المضارع
|
نم
|
سكون
|
فتحة
|
ضمة
|
صحيح الاخير
|
1
|
حذف
|
فتحة مقدرة
|
ضمة مقدرة
|
معتل الالف
|
2
|
حذف
|
فتحة
|
ضمة مقدرة
|
معتل الواو
|
3
|
حذف
|
فتحة
|
ضمة مقدرة
|
معتل الياء
|
4
|
حذف
|
حذف النون
|
حذف النون
|
الأفعال الخمسة
|
5
|
Komentar
Posting Komentar